Copyright - Tahun Pelajaran 2018/2019
  • Upacara Serah Terima Siswa Baru

  • Unit Produksi

  • English Lab

  • Native Speaker

  • Description slide 5

               Karya inovasi siswa SMK N 2 Sawahlunto berhasil terpilih mewakili kota Sawahlunto pada ajang Pameran Karya Inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat Nasional tahun 2016 yang berlangsung di Mataram NTB (26-28 November 2016).  Karya yang lolos seleksi tersebut diberi nama Sport Charger.  Alat tersebut dirancang dan dikerjakan oleh 4 orang siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dibawah bimbingan 1 orang guru pembimbing yaitu Drs. Ribet Mulyadi., MM. Rancangan inovasi  alat menggunakan sistem mekanik otomotif.

           Fungsi dan Kegunaan Alat Sport Charger adalah sebagai fasilitas olahraga menggayuh sepeda dan sebagai pengisi daya baterai Accu mobil serta Power Bank. Keunggulan Alat tersebut adalah dapat menghasilkan kapasitas daya yang lebih maksimal dibandingkan kemampuan alat pengisi daya lainnya, Pengisi daya dapat dilakukan sambil berolahraga mengayuh sepeda (Charging While Sport), Alat dan bahan pembuatannya mudah dicari serta biaya pembuatan alat yang terjangkau.

          Pembuatan alat Sport Charger ini didasari pada kondisi permasalahan yang sering muncul pada alat dan sistem pengisian yang sudah ada. Banyak keluhan dari para pengguna terhadap daya tahan alat dan kemampuan pengisian dayanya yang tidak maksimal, Apalagi bila alat tersebut telah lama terpakai. Ini menimbulkan efek biaya yang tinggi oleh penggunanya seperti pengguna mobil dan telepon genggam. Demikian disampaikan oleh Kepala SMK N 2 Sawahlunto melalui Waka Humastri Alfitri Yusuf.,S.Pd.,M.Pd. kepada Admin.

   

         

   

Dinas Pendidikan Propinsi Sumbar