Copyright - Tahun Pelajaran 2018/2019

Memenuhi undangan Kepala SMK Negeri 2 Sawahlunto, beberapa staf pimpinan PAMA yaitu Bapak Dayo Abdi (Site Operation Manager) dan Bapak Eri Syukriadi (Recruitment & Trainee Manager) beserta beberapa staf lainnya melakukan kunjungan ‘temu ramah’ dengan staf pimpinan SMK Negeri 2 Sawahlunto pada Selasa 11 Juli 2017. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Sekolah didampingi  Waka Humastri dan Pengurus Unit BKK. Dalam temu ramah tersebut Site Operation Manager  PAMA menyampaikan apresiasinya atas capaian SMK Negeri 2 Sawahlunto yang tamatannya paling banyak lulus pada seleksi kerja PAMA 2017. Dayo Abdi menjelaskan PAMA merupakan satu perusahaan kontraktor pertambangan dan merupakan bagian dari Astra Heavy Equipment, Mining and Energy dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia yang mencakup seluruh nusantara. Tamatan yang lulus seleksi tersebut nantinya akan didiklatkan terlebih dahulu selama 6 bulan sebelum terjun ke job area. Mereka nantinya akan menerima fasilatas gaji, penginapan, bonus lembur, dan tunjangan lainnya serta pelatihan dan jenjang karir. Dayo Abdi juga meyampaikan terima kasihnya kepada pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah dan BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto yang telah berkontribusi mengelola tamatannya dalam seleksi PAMA 2017 ini mulai dari sosialisasi, registrasi, sampai penyiapan tamatannya sebelum mengikuti tes PAMA.

Dari pertemuan tersebut, kedua pihak SMK Negeri 2 Sawahlunto dan PAMA sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasamanya dalam rangka peningkatan kompetensi siswa dan ketersaluran tamatan SMK Negeri 2 Sawahlunto ke dunia industri. Untuk itu, Kepala SMK Negeri 2 Sawahlunto Drs. Hasdiono mengharapkan seleksi kerja PAMA yang berikutnya dapat dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Menanggapi hal tersebut, Dayo Abdi menyebutkan PAMA bersedia meningkatkan hubungan kerjasamanya dengan pihak sekolah tapi harus sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku di PAMA serta ada persetujuan Presiden Direktur. Untuk itu, Dayo Abdi mengharapkan pihak sekolah untuk segera mengirimkan MoUnya ke bagian Human Resource Department PT PAMA di Jakarta. “Saya akan bantu mendorong proses MoUnya dan mudah-mudahan Presdir PAMA bisa menyetujuinya sehingga tahun depan PAMA bisa melakukan recruitment test di SMK Negeri 2 Sawahlunto,” ujar Dayo. Bapak Eri Syukriadi (Recruitment & Trainee Manager) juga menyampaikan harapannya agar pihak sekolah senantiasa mengingatkan kepada siswa pentingnya menjaga kesehatan dan melatih disiplin diri untuk bisa bekerja di industri. Dua hal ini sangat penting karena berdasarkan pengalaman banyak peserta tes yang gugur karena 2 hal tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Drs. Hasdiono mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan PAMA terhadap tamatan SMK Negeri 2 Sawahlunto. Hal ini diharapkan dapat berlanjut untuk periode berikutnya. Hal ini juga nantinya akan meningkatkan motifasi guru dalam mengajar dan motifasi siswa dalam belajar. Hasdiono juga menyampaikan rasa hormatnya atas kesediaan staf pimpinan PAMA mengunjungi sekolah. Pertemuan diakhiri dengan makan bersama. (smkn2-sawahlunto.sch.id)