Kunjungan Staf PAMA

Memenuhi undangan Kepala SMK Negeri 2 Sawahlunto, beberapa staf pimpinan PAMA yaitu Bapak Dayo Abdi (Site Operation Manager) dan Bapak Eri Syukriadi (Recruitment & Trainee Manager) beserta beberapa staf lainnya melakukan kunjungan ‘temu ramah’ dengan staf pimpinan SMK Negeri 2 Sawahlunto pada Selasa 11 Juli 2017. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Sekolah didampingi  Waka Humastri dan Pengurus Unit BKK. Dalam temu ramah tersebut Site Operation Manager  PAMA menyampaikan apresiasinya atas capaian SMK Negeri 2 Sawahlunto yang tamatannya paling banyak lulus pada seleksi kerja PAMA 2017. Dayo Abdi menjelaskan PAMA merupakan satu perusahaan kontraktor pertambangan dan merupakan bagian dari Astra Heavy Equipment, Mining and Energy dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia yang mencakup seluruh nusantara. Tamatan yang lulus seleksi tersebut nantinya akan didiklatkan terlebih dahulu selama 6 bulan sebelum terjun ke job area. Mereka nantinya akan menerima fasilatas gaji, penginapan, bonus lembur, dan tunjangan lainnya serta pelatihan dan jenjang karir. Dayo Abdi juga meyampaikan terima kasihnya kepada pihak sekolah khususnya Kepala Sekolah dan BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto yang telah berkontribusi mengelola tamatannya dalam seleksi PAMA 2017 ini mulai dari sosialisasi, registrasi, sampai penyiapan tamatannya sebelum mengikuti tes PAMA.

SMK Negeri 2 Sawahlunto membuat gebrakan pada tahun ini dengan lulusnya 144 tamatannya menjadi Operator dan Mekanik yang diselenggarakan oleh PT. PAMA. Hal ini dipastikan berdasarkan surat pengumuman hasil tes PAMA yang diterima oleh Humas SMK Negeri 2 Sawahlunto pada Jum’at 9 Juli 2017. Sebelumnya, SMK Negeri 2 Sawahlunto berhasil menyalurkan 8 orang tamatannya menjadi Mekanik Alat Berat melalui seleksi kerja yang diselenggarakan oleh UNITED TRACTORS (UT) SCHOOL PEKANBARU pada bulan Mei 2017 yang lalu. Berdasarkan rilis resmi hasil tesnya, untuk seleksi PAMA dan UT School tamatan yang paling banyak diterima berasal dari SMK Negeri 2 Sawahlunto dibandingkan dengan tamatan dari SMK lainnya. Hasil tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua unsur yang ada di sekolah. Hasil ini diharapkan dapat memberi motifasi kepada semua siswa SMK Negeri Sawahlunto. Demikian disampaikan Kepala SMK Negeri 2 Sawahlunto Drs. Hasdiono kepada smkn2-sawahlunto.sch.id.

Hasdiono menambahkan kegiatan seleksi kerja tersebut merupakan wujud nyata kerjasama sekolah dengan pihak industri seperti PAMA dan UNITED TRACTORS. Ke depan, SMK Negeri 2 Sawahlunto akan mengupayakan peningkatan kerjasamanya dengan Dunia Usaha/Industri (DuDi) dalam rangka meningkatkan kompetensi siswanya sesuai standar DuDi. Upaya ini tentunya dapat meningkatkan daya saing tamatan yang berdampak significant pada peningkatan ketersaluran tamatan SMK Negeri 2 Sawahlunto diterima bekerja di industri. Hasdiono mengatakan, “atas hasil ini, saya atas nama sekolah menyampaikan terima kasih kepada segenap civitas akademika mulai dari staf pimpinan, Jurusan, Unit BKK, dan semua guru. Mudahan-mudahan kerja keras dan ikhlas kita dibalas oleh ALLAH SWT menjadi ladang pahala bagi kita..Amin.” (smkn2-sawahlunto.sch.id)

INFO BKK SMK N 2 SAWAHLUNTO:

1. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STKKD) Yogyakarta memberi kesempatan kepada alumni SMK N 2 Sawahlunto yang berminat untuk mengikuti program kuliah S1 Teknik Dirgantara atau D3 Aeronautika, dan D1 Ground Handling sebagai pintu masuk berkarir di lingkungan maskapai penerbangan nasional dan internasional baik sebagai calon pilot, copilot, mekanik pesawat, dan ground Handling officer. Bagi yang berminat, untuk info lengkap & formulir pendaftaran hubungi Bu Endang Saputri, S.Pd.I di BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto.

2. Sekolah Tinggi Pos Indonesia Bandung memberi kesempatan kepada alumni SMK N 2 Sawahlunto yang berminat untuk mengikuti program kuliah S1 Manajemen Transportasi Logistik dan S1 Manajemen Logistik sebagai pintu masuk berkarir di lingkungan PT. Pos Indonesia.  Bagi yang berminat, untuk info lengkap hubungi Bu Endang Saputri, S.Pd.I di BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto.

BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto terus mengembangkan kemitraannya dengan berbagai lembaga pendidikan dan Dunia usaha / industri dalam rangka terus berupaya mencarikan peluang kerja bagi tamatan atau alumninya. Salah satunya adalah kerjasama dengan Perusahaan United Tractors (UT) Pekanbaru yang memberi kesempatan kepada 25 orang alumni SMK Negeri 2 Sawahlunto untuk mengikuti seleksi kerja Calon Mekanik United Tractors Pekanbaru pada Tgl. 16 Desember 2016 di SMK N 1 Lintau Buo. Untuk itu, BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto memandang perlu mengoptimalkan peluang ini dengan memberikan pembekalan atau pelatihan kepada para pesertanya. Hal ini penting agar calon tenaga kerja tersebut siap menghadapi setiap tahapan seleksi kerja mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan tes khususnya Tes Menulis, Tes Psikotest dan Tes Wawancara. Untuk itu, BKK SMK Negeri 2 Sawahlunto memprogramkan kegiatan penyiapan alumni peserta seleksi kerja United Tractors (UT) Pekanbaru dalam bentuk kegiatan pembekalan atau pelatihan menghadapi seleksi kerja tersebut.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan pada hari Kamis 15 Desember 2016. Hal ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan peluang yang ada agar semua peserta dapat lulus seleksi dan diterima bekerja yang tesnya diadakan pada hari Jum’at 16 Desember 2016. Hal ini disampaikan Kepala SMK N 2 Sawahlunto Drs. Hasdiono kepada smkn2-sawahlunto.sch.id. Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 orang Alumni SMK Negeri 2 Sawahlunto dari 3 Jurusan yaitu: 1. Teknik Otomotif, 2. Teknik Mesin. 3. Teknik Listrik sesuai persyaratan dari United Tractors. Peserta pembekalan sangat antusias mengikuti pelatihan ini, yang materinya terdiri atas 1) Menulis dalam Bahasa Inggris, 2) Strategi mengerjakan Psikotest, 3) Strategi menjawab pertanyaan pada wawancara kerja.